Home » » MAKALAH AQIDAH-AQIDAH POKOK DAN CABANG

MAKALAH AQIDAH-AQIDAH POKOK DAN CABANG



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang        
           Tak terasa sudah sejak lama kita menjadi seorang muslim. Nikmat yang besar ini patut kita syukuri, karena kenikmatan inilah yang akan menentukan kebahagiaan dan kesengsaraan kita di hari akhir nanti. Dalam makalah ini kita sebagai pemakalah tidak ingin menanyakan “sejak kapan kita masuk islam” karena jawaban dari pertanyaan ini bukanlah suatu yang paling mendasar. Namun pertanyaan paling penting yang harus kita renungkan adalah “sudah sejauh manakah kita telah memahami dan mengamalkan ajaran kita ini?” pertanyaan inilah yang paling penting  yang harus direnungkan dan dijawab, karena jawaban pertanyaan ini yang nantinya sangat menentukan kualitas keislaman dan ketaqwaan kita.

B.     Rumusan Masalah
      Dari uraian latar belakang masalah diatas, makalah ini dapat kita rumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.     Apa pengertian akidah itu?
2.      Apa itu akidah pokok dan akidah cabang dalam islam?

C.    Tujuan Penulisan     
Dari uraian latar belakang masalah diatas, makalah ini dapat kita simpulkan tujuan masalah sebagai berikut :
   1.  Untuk memenuhi tugas mata kuliah akidah ilmu kalam.
2. Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai mata kuliah akidah ilmu   kalam.
3.   Untuk memahami aqidah-aqidah pokok dan cabang.



BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Akidah
Secara etimologis akidah berasal dari kata ‘aqada- ya’qidu- ‘uqdatan- ‘aqidatan. Artinya simpul, ikatan atau perjanjian. Jadi aqidah adalah keyakinan yang tersimpul kuat didalam hati bersifat mengikat dan mengandung perjanjian. Para ulama’ mendefinisan aqidah sebagai“sesuatu yang terikat kepadanya hati dan hati nurani.” Dalam Al-qur’an kata “aqidah” diartikan sebagai : “wahai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu” Sedangkan secara terminologi akidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang  teguh oleh orang  yang mempercayainya. dan dalam hal ini Allah SWT telah mejelaskan melalui firman-Nya dalam surah Al-Ikhas ayat satu dan dua. Yang artinya “ Katakanlah Dia-Lah Allah, Yang Maha Esa. Allah Adalah Tuhan Yang Bergantung Kepada-Nya Segala Sesuatu.” QS Al-Ikhlas  ([112]: 1-2)
Dalam surah Al-Ikhlas ayat satu dan dua di atas telah di beritakan atau di jelaskan bahwa, kita di suru untuk meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT, dan hanya satu-satunya Tuhan yang patut di sembah oleh seluruh umat manusia dan untuk umat Nabi Muhammad pada khususnya. Dan Allah juga tuhan yang berdiri sendiri, yang tidak bergantung pada satu apapun. Dia Tuhan Yang Maha Esa, yang menciptakan langit dan bumi, tidak ada Tuhan selain Allah  SWT, yang pernah kita kenal, seperti Tuhan matahari, tuhan patung atau berhala, tuhan kayu pada pohon yang besar yang di yakaini kekeramatnya.
            Akidah islam adalah iman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya dan hari akhir juga pada qadha’ dan qadar baik-buruk dari Allah SWT. Dan ini yang di sebut aqida-aqida pokok dalam ajaran agama islam. Iman inin sendiri bermakna pembenaran yang pasti, yang sesuai dengan kenyataan yang mencul dari dalil dan bukti. Pasti artinya seratus persen kebenaranya atau kekakinannya tanpa ada keraguan sedikitpun. Sesuai dengan fakta artinya hal yang di imani tersebut memang benar adanya, bukan di ada-adakan (missal: keberadaan Allah, kebenaran Al-Qur’an Dll). Muncul dari suatu dalil artinya keimanan tersebut memiliki hujjah/dalil tertentu. Tanpa dalil sebenarnya tidak aka ada pembenaran yang bersifat pasti.
            Suatu dalil untuk masalah iman, adakalahnya bersifat ‘aqli dan atau naqli, bergantung pada perkara yang di imani. Jika perkara itu masih dalam jangkauan panca indra/akal maka dalil keimanannya bersifat ‘aqli namun, jika di luar jangkauan panca indra maka ia di dasarkan pada dalil naqli. Hanya saja perlu di ingat bahwa penentuan sumber suatu dalil naqli juga di tetapkan dengan jalan ‘aqli. Artinya, penentuan sumber dalil naqli tersebut di lakukan melalui penyelidikan untuk menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh di jadikan sebagai sumber dalil naqli. Oleh karna itu, semua dalil tentang akidah pada dasarnya di sandarkan pada metode ‘aqliyah.
Dan dalam hal ini Menurut  Hasan Al-Banna, aqa’id (jama’ akidah) adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan. Dan Menurut Abu Bakar Jabir Al-Jazairy, akidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia baik secara akal, dan fitroh. Kebenaran itu dipatrikan oleh manusia didalam hati serta diyakini keshahihannya dan keberadaannya secara pasti.

v  Menurut imam safi’I berkata:
Ketahuailah bahwa kewajiban pertama bagi seorang mukallaf adalah berfikir dan mencari dalil untuk makrifat kepada Allah SWT. Artinya berfikir adalah melakukan penalaran dan perenungan qalbu dalam kondisi orang berfkir tersebut di tuntut untuk makrifat kepada Allah. Dengan cara seperti itu, ia bias sampai pada makrifat terhadap hal-hal yang ghaib dari pengamatannya dengan indra dan ini merupakan satu keharusan. Hal ini merupakn suatu kewajiban dalam bidang ushuluddin.[1]



B.     Aqidah Pokok
Akidah pada masa Nabi masih dapat dipertahankan, yaitu ada akida pokok dan akidah cabang, dan dalam pembahasan akidah pokok yaitu Rukun Iman antara lain:
a.      Iman kepada Allah
Ketika kita mengaku sebagai umat islam dan telah mengucapkan dua kalimat syahadat ataupun kita sbagai umat islam islam keturunan. Wajib kita percaya akan Allah Tuhan kita. Dialah Tuhan yang sebenarnya, yang menciptakan segala sesuatu dan Dialah yang pasti adanya. Dialah yang pertama tanpa permulaan dan yang akhir tanpa penghabisan. Tiada sesuatu yang menyamai-Nya. Yang Esa tentang ketuhana-Nya, sifat-sifat-Nya dan perbuata-Nya. Yang hidup dan pasti ada dan mengadakan segala yang ada. Yang Mendengar Dan Melihat. Dan Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu. Perihalnya apabila Ia menghendaki sesuatu yang Ia Sabdakan: “ jadilah”! maka jadilah sesuatu itu. Dan Dia mengetahuai segala yang mereka kerjakan. Yang bersabda dan memiliki segala sifat kesempurnaan. Yang suci dari sifat mustahil dan segala kekurangan. Dialah yang menjadikan segala sesuatu menurut kemauan dan kehendak-Nya. Segala sesuatu ada di tangan-Nya dan pada-Nya akan kembali. Namun perlu di perhatikan bahwa Allah tidak menyuruh kita membicarakan hal-hal yang tidak tercapai oleh akal dalam hal kepercayaan.
Sebab akal manusia tidak mungkin mencapai ke pengertian tentang Dzat Allah Dan hubungannya dengan sifat-sifat yang ada pada-Nya. Maka janganlah engkau membicarakan hal itu. Tak ada kesangsian tentang adanya. “ adakah orang ragu tentang Allah.? Yang menciptakan langit dan bumi”? (QS Ibrahim :10). Memang Al-Qur’an telah menutup pintu pemikiran dalam membicarakan hal yang tak mungkin tercapai oleh akal dengan firmanya yang berbunyi: “ tiada sesuatu yang serupa dengan-Nya”. (QS Syura: 11). Diapun telah menjelaskan bahwa kekuatan akal itu terbatas dan bahwa dia meliputi semua manusia, dalam Firma-Nya “Dia tahu segala yang ada di muka dan di belakang mereka sedang pengetahuan mereka tak mungkin mendalaminya”. (QS Thaha: 110 ). Bagi oranmg mukmin memadailah bila mereka memikirkan segala makhluk-Nya, guna membuktikan adanya, kekuasaan dan kebijaksanaan-Nya.

a.      Iman kepada Malaikat- Malaikat Allah
Kita wajib percaya, Allah itu mempunyai malaikat yang bersayap, ada yang dua, ada yang tiga dan ada yang empat. Dan mereka adalah hamba yang di muliakan yang tidak pernah menentang Allah akan perintah-Nya dan mereka senantiasa mengerjakan apa yang di perintahkan. Mereka tidak makan dan minum. Tak berjodoh dan tidur, dan sepanjang masa tidak putus-putusnya mereka mengkuduskan Tuhan. Dan masing-masing daripada mereka mempunyai kedudukan atau tugas tertentu. Ada yang memikul Arsy Tuhan ada yang menjadi utusan seperti jibril dan mikail dan ada yang mengamati serta mencatat (amal manusia), seperti yang telah di tegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an. “Sesungguhnya Al-Qur’an itu benar-benar firman Allah yang di bawa oleh utusan yang mulia (jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah, pemilik ‘arsy, yang ditaati disana (alam malaikat) lagi di percaya (QS at-Takwir: 19-21)” Kita tidak boleh menggambarkan tentang malaikat kecuali dengan apa yang di terapkan oleh syara’/ketentuan. Namun perlu di perhatikan juga oleh Allah kita tidak di tuntut untuk mengetahui hakikat malaikat, kita hanya di perintahkan agar percaya akan adanya. Adapun para nabi, mereka pernah melihatnya dalam rupa manusia ataupun lain-lainya. Tentang hal ini beritanya telah mutawattir (meyakinkan) namun kita tidak boleh menggambarkan tentang malaikat, kecuali dengan daras keterangan dari nabi SAW. Yang sampai kepada kita dengan pemberitaan yang meyakinkan. “dan tiada seorangpun yang mengetahuai hakikat tentara (malaikat) Tuhanmu sdelaian Dia” (QS muddatstsir: 31)

b. Iman kepada kitab-kitab Allah
Kita wajib percaya bahwa Allah telah menurunkan beberapa kitab kepada Rasul-rasulnya untuk memperbaiki manusia tentang urusan dunia dan agama mereka. Seperti yang telah di paparkan dalam firman Allah SWT. “ kitab Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa (QSal-Baqarah: 2)” Diantara kitab-kitab itu, ialah Zabur kepada Nabi Daud, Taurat kepada Nabi Musa, Injil kepada Nabi Isa dan Al-Qur’an pada Nabi Muhammad yang menjadi penutup sekalian Nabi alaihimus shalatu was salam. Dan bahwa A-Qur’an adalah firman Allah  dan kitab terakhir yang diturunkan, yang memuat apa yang tidak termuat pada lainnya, mengenai syariat, budi luhur dan kesempurnaan hukum. Kita wajib percaya akan hal yang dibawa oleh Nabi s.a.w yang mutawir dan memenuhi syarat-syaratnya. Dan yang wajib kitapercayai hanyalah yang tegas-tegas saja, dengan tak boleh menambah-nambah keterangan yang sudah tegas-tegas itu. Dengan keterangan berdasarkan pertimbangan, (perkiraan), kerana firman Allah : “Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran” (QS.Yunus:36). Adapun syarat yang benar tentang kepercayaan, dalamhal ini ialah jangan ada sesuatu yang mengurangi Keagungan dan Keluruhan Tuhan, dengan mempersamakannya dengan makhluk. Sehingga andaikata terdapat kalimat-kalimat yang kesan pertama, mengarah kepada arti yang demikian, meskipun berdasarkan berita yang mutawir (meyakinkan), maka wajiblahn orang mengabaikan makna yang tersurat dan menyerahkan tafsir arti yang sebenarnya kepada Allah dengan kepercayaan bahwa yang yang terkesan pertama pada pikiran bukanlahyang dimaksudkan, atau dengan takwil yang berdasarkan alasan-alasan yang dapat diterima. Dan sebagai orang muslim patutlah kita bersyukur karna dari kitab-kitab Allah yang lain hanya Al-Qur’an yang di jaga atau di pelihara sendiri oleh Allah SWT. seperti yang telah di jelaskan dalam Al-Qur’an itu sendiri yang artinya “ sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya. (QS al-Hijr: 9)”

c.  Iman kepada Rasul-Rasul Allah
Kita wajib percaya bahwa Allah Yang Maha Bijaksana telah mengutus para Rasul untuk memberi petunjuk umat manusia akan jalan yang lurus. Mereka adalah pembawa berita yang gembira dan peringatan, agar bagi manusia tiada. Alasan atau membantah pada Allah setelah diutusnya para Rasul. Para Rasul itu adalah manusia seperti kita: makan, minum dan pergi ke pasar, yang telah dipilih oleh Allah, menjadi utusannya dan mengistemewakan mereka dengan diberi wahyu. Mereka adalah orang –orang yang jujur, terpercaya menyampaikan tugas mereka dan cerdas, dapat memahami dan memahamkan. Mereka adalah manusia yang mengalami yang biasa dialami oleh orang lain selahi tak mengurangi kehormatan meraka dalam martabat mereka yang luhur. Diantara para Rasul yang tersebut nama mereka dalam Quran adalah: Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Luth, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Dzulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Yunus, Zakariyah, Yahya, Isa dan Muhammad ‘alaihimus-shalatu wassalam. Seperti yang telah di jelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya, “Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul; sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul (QS Ali Imran: 144)” Dan ada Rasul-rasul yang tidak dan ada rasul-rasul yang tidak di beritakan oleh Allah kepada kita. Tiada umat yang terdahulu melainkan perna kedatangan nabi. Seorang muslim beriman dan percaya bahwa Allah SWT telah memilih diantara umat manusia. Allah SWT telah mengutus para nabi serta rasul untuk membawa kabar gembira kepada umat manusia tentang kenikmatan abadi yang telah di sediakan bagi mereka yang beriman dan yang telah memperingatkan kepada mereka yang telah berbuat musyrik (kekufuran). Merekapun member teladan dan tingkah laku yang baik dan mulia pada manusia, antar lain dalam bentuk ibadah yang benar, akhlak yang terpuji serta istiqomah (berpegang teguh) pada ajaran Allah SWT.
Dan Allah telah mengokohkan mereka cengan beberapa pembuktian dan segala macam mu’jijat yang nya adalah  Namun perlu di ketahuai dan perlu menjadi perhatian adalah suatu kebenaran, bahwa kekuasaan Allah dapat menghadirkan hal-hal yang menyimpang dari hokum kebiasaan yang pernah berlaku bagi para nabi untuk menguatkan penugasaan dan penundukkan lawan-lawan mereka dan tanda kebenaran mereka terhadap mereka yang mengingkari misalnya apa yang di sebut dalam Al-Qur’an : yang tak membakar nabi Ibrahim,tongkat nabi musa yang berubah menjadi ular. Nabi isa menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Dan di turunkan Al-Qur’an kepada nabi Muhammad SAW dan lain sebagainyayang tersebut dal;am beberapa ayat dan semua itu wajib di imankan.

d.      Iman Kepada Hari Kiamat
“Jika bumi di goncangkan dengan guncangannya (yang dahsyat) dan bumi telah mengeluarkanbeban-beban berat (yang dikandung) nya, dan manusia bertanya, ‘mengapa bumi jadi begini.? Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesunggunya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. (QS al-Zalzalah: 1-5)”
Sebagai seorang muslim yang taqwa sudah wajiblah Kita untuk yakin dan percaya akan datangnya hari kiamat, yaitu hari dimana akhir dari dunia ini, karna ini adalah salah satu point penting untuk mengokohkan keimanan kita kepada Allah SWT. Seperti dalam hadist Rasulullah SAW, bersabda dalam shahih muslim, “ketika jibril menanyakan kepada rasulullah tentang iman, Rasulullah menjawab, “hendaknya engkau mengimani Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, para Rasul-Nya, juga Hari kiamat. Hendaklah  engkau mengimani Qadar yang baik dan buruk (dari Allah)” (HR Muslim)” Hal tentang adanya hari akhir atau hari kiamat dan segala yang terjadi tentang kerusakan alam ini, telah  di beritakan oleh rasulullah SAW dengan riwayat mutawatir tentang kebangkitan dari dalam kubur, pengumpulan di padang mahsyar, pemeriksaan dan hari pembalasanm. Maka Allah member keputusan tentang perbuatan orang lalu ada yang masuk neraka selama-lamanya dan tidak keluar daripadanya, yaitu orang-orang kafirdan orang-orang musyrik dan ada yang masuk kemudian keluar dari neraka, yaitu orang-orang mukmin yang berbuat dosa. Dan ada yang masuk surge  dan kekal, yaitu orang-orang mukmin yang benar-benar. Adapun waktu dan tanda-tanda hanya Allah SWT yang tahu kapan akan terjadinya hari akhir tersebut. Seperti Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an. Yang artinya: “mereka bertanya kepadamu tentang hari kiamat, “kapankah terjadinya?” katakanlah, “ sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Tuhanku. Tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepada kalian melainkan dengan tiba-tiba” mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahinya. Katalkanlah, “sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada di sisi Allah namun kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.” (QS al-A’raf: 187)”

e.       Iman kepada Qada dan Qadar
                 “ketika jibril menanyakan kepada rasulullah tentang iman, Rasulullah menjawab, “hendaknya engkau mengimani Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, para Rasul-Nya, juga Hari kiamat. Hendaklah  engkau mengimani Qadar yang baik dan buruk (dari Allah)” (HR Muslim)”
Sebagia orang islam sudah sewajibnya kita percaya bahwa Allahlah yang telah menciptakan segala sesuatu dan Dialah yang telah menyuruh dan melarang, Dan perintah Allah adalah kepastian yang telah ditentukan. Dan bahwanya Allah telah menentukan segala sesuatu sebelum Dia menciptakan segala kejadian dan mengatur segala yang ada dengan pengetahuan, ketentuan, kebijaksanaan dan kehendaknya. Adapun segala yang dilakukan manusia itu semuanya atas Qadla’ dan Qadarnya. Sedang manusia sendiri hanya dapat berikthiar. Seperti firman Allah yang telah dipaparkan dalam Al-Qur’an yang artinya: “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri merubah apa yang ada pada diri mereka. (QS ar-Ra’du: 11)” Dengan demikian, maka segala ketentuan adalah dari Allah dan usaha adalah bagian manusia. Perbuatan manusia ditilik dari segi kuasanya dinamakan hasil uasaha sendiri. Tetapi ditilik dari segi kekuasaan Allah, perbuatan manusia itu adalah ciptaan Allah. Manusia hanya dapat mengolah bagian yang Allah karuniakan padanya berupa rizki dan lain-lain.

B.     Aqidah Cabang
            Setelah berakhirnya kepemimpinan kholifah Umar bin Khattab umat islam mulai terjadi perpecahan. Kemudian muncul permasalahan yang menimbulkan terjadinya pembunuhan khalifah Ustman bin affan (th 345-656 M) oleh pemberontak yang sebagian besar dari Mesir yang tidak puas dengan kebijakan politiknya.
Awalnya peristiwa ini hanya sebuah permasalan politik yang akhirnya berkembang menjadi persoalan teologi sehingga melahirkan berbagai  aliran dengan teologi dan pandangan yang berbeda-beda. Pada masa ini umat islam tidak mampu lagi mempertahankan kesatuan dan keutuhan akidahnya, karena masing-masing berusaha membuka persoalan akidah yang sebelumnya terkunci.
Maka lahirlah cabang-cabang aqidah yang pemahaman bervariasi dari masing-masing aspek rukun iman, diantaranya :

a.      Masalah Tuhan
Dalam masalah zat tuhan muncul pendapat yang menggambarkan tuhan dengan sifat-sifat bentuk jasmani atau fisik. Sedangkan dalam masalah sifat Tuhan juga muncul persoalan, apakah Tuhan itu mempunyai sifat atau tidak. Dalam hal ini muncul 2 golongan yang berpendapat berbeda :
·         Pertama  : golongan Mu’tazilah berpendapat bahwa Tuhan tidak mempunyai sifat. Dia adalah Esa, bersih dari hal-hal yang menjadikannya tidak Esa. Mereka meng-EsakanTuhan dengan mengkosongkan Tuhan dari berbagai sifat-sifat.
·         Kedua : Golongan Ahlussunnah Wal Jama’ah yang diwakili oleh golongan Ay’ariyah dan Maturidiyah meyakini bahwa Tuhan mempunyai sifat yang sempurna dan tidak ada yang menyamai-Nya. Mensifati Tuhan dengan sifat-sifat kesempurnaan tidak akan mengurangi ke-Esaan-Nya.

b.      Masalah Kitab-Kitab
Permasalahan yang diikhtilafkan dikalangan orang islam ialah apakah Al-Qur’an itu Qadim (kekal) atau Hadis (baru). Golongan Asy’ariyah dan Maturidiyah berpendapat bahwa Al-Qur’an adalah Qadim bukan makhluk (diciptakan). Sedangkan pendapat yang lain mengatakan bahwa Al-Qur’an tidak Qadim karena Al-Qur’an itu makhluk (diciptakan).
c.       Masalah Nabi dan Rasul
Masalah yang masih diperselisihkan dalam kaitannya dengan iman kepada para Nabi dan Rasul adalah mengenai jumlahnya. Hanya Allah yang mengetahui jumlahnya. Sebagian ulama’ mengatakan bahwa jumlah seluruhnya adalah 124.000 orang. Dari jumlah itu yang diangkat menjadi Rasul sebanyak 313 orang.

d.      Masalah Hari Kiamat
Para ulama’ telah sepakat dalam masalah adanya hari kiamat dan hal-hal yang terjadi didalamnya, hanya saja mereka ikhtilaf tentang apa yang akan yang dibangkitkan. Ada yang berpendapat bahwa yang akan dibangkitkan meliputi jasmani dan rohani, dan pendapat kedua mengatakan bahwa yang dibangkitkan adalah rohnya saja.

e.       Masalah Takdir
Dalam masalah taqdir, orang islam sepakat perlunya meyakini adanya ketentuan Allah yang berlaku bagi semua makhluk yang ada dialam semesta ini. Namun berbeda dalam memahami dan memperaktekkannya.
·         Pertama : Qodariyah berpendapat bahwa segala perbuatan manusia baik maupun buruk semuanya ditentukan oleh manusia itu sendiri. Allah tidak mempunyai  sangkut pautnya dalam hal ini karena Allah telah menyerahkan kodratnya kepada manusia. Allah akan memberi pahala kepada orang yang  telah berbuat baik, karena dia telah menggunakan kodrat yang diberikan Allah dijalan yang baik. Dan bagi orang yang berbuat  jahat maka Allah akan menyiksanya karena kodrat yang diberikan digunakn untuk jalan keburukan.
·         Kedua : kaum Jabariyyah mempunyai I’tiqod yang bertolak belakang dengan I’tiqod kaum Qodariyah. Jabariyyah berpendapat bahwa manusia tidak punya daya apa-apa karena segalanya telah ditentukan oleh Allah. Manusia tidak punya usaha, tidak punya ikhtiar sebab seluruhnya yang menentukan adalah Allah. Pendapat Jabariyyah ini dianggap menyimpang oleh golongan Ahlussunnah Waljama’ah. Memang semuanya ini ditentukan oleh Allah tetapi Allah juga telah menciptakan usaha dan ikhtiar manusia. Oleh karena itu manusia mempunyai keharusan untuk berusaha.
·         Ketiga : sebenarnya I’tiqod Ahlussunnah Waljama’ah merupakan perpaduan dari I’tiqod Jabriyyah dan Qodariyah, artinya segala sesuatu  dialam ini memang  telah ditentukan oleh Allah, namun manusia diberi kewenangan untuk melakukan ikhtiar terlebih dahulu. Seperti firman Allah yang telah dipaparkan dalam Al-Qur’an yang artinya: “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri merubah apa yang ada pada diri mereka. (QS ar-Ra’du: 11)”.



BAB III
PENUTUP
A.          Kesimpulan
Dari pemaparan makalah diatas maka dapat kita simpulkan sebagai berikut :
1.         Akidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang  teguh oleh orang  yang mempercayainya. Menurut Hasan al-Banna aqa’id (jama’ akidah) adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
2.         Akidah pokok adalah aqidah umata islam yang masih terpelihara dan masih murni sebagai mana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang tercakup didalam Arkanul Iman.
3.         Perpecahan umat islam mulai terjadi setelah berakhirnya kepemimpinan kholifah Umar bin Khattab. Kemudian muncul permasalahan yang menimbulkan terjadinya pembunuhan khalifah Ustman bin affan (th 345-656 M) oleh pemberontak yang sebagian besar dari Mesir yang tidak puas dengan kebijakan politiknya. Awalnya peristiwa ini hanya sebuah permasalan politik yang akhirnya berkembang menjadi persoalan teologi sehingga melahirkan berbagai  aliran dengan teologi dan pandangan yang berbeda-beda. Pada masa ini umat islam tidak mampu lagi mempertahankan kesatuan dan keutuhan akidahnya, karena masing-masing berusaha membuka persoalan akidah yang sebelumnya terkunci. Maka lahirlah cabang-cabang akidah yang pemahamannya bervariasi dari masing-masing aspek rukun iman.

B.           Saran
Kami menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian  kepada dosen serta teman-teman sekalian yang kadangkala hanya  menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran  yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah-makah kami dilain waktu.


1. Ilmu Ushuluddin“Ushul” : pokok, fondmen, prinsip, aqidah, peraturan.“Aiddiin” : agama Ushuluddin adalah pokok-pokok atau dasar-dasar agama. Ilmu tauhid dapat pula dikatakan ilmu ushuluddin karena menguraikan pokok-pokok kepercayaan dalam agama islam.
2 .Mukallaf ialah orang yang berakal sehat dan telah baligh / telah berumur lima belas tahun atau telah mengeluarkan darah putih(air mani) meskipun dengan cara bermimpi bagi pria.Dan bagi wanita apabila telah berumur sembilan tahun, telah mengeluarkan darah haid atau telah mengeluarkan air mani, baik dengan cara persetubuhan suami istri atau dengan cara bermimpi. Orang itulah yang terkena perintah - perintah Alloh dan menjauhi larangan - larangan-Nya.







DAFTAR PUSTAKA

Alfat, Masan. dkk. 1997. Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah kelas 1. Semarang: PT. Karya Toha Putra
Ikandar, Arief B. (ed.) . 2012  . Matei Dasar Islam, Islam mulai dari akar. Bogor: Al Azhar Press
Muhammadiyah, Pimpinan Pusat.  ISBN. 2009. Himpunan Putusan Tarjih, Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Djogjakarta: Gramasurya




 

 



1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.